Kapolres Bersama FORKOMPIMDA Kabupaten Sragen Hadiri Deklarasi Damai di Gilirejo Baru

4 October 2022 admin

Polres Sragen – Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama, SH, SIK, MH bersama Forkopimda Kabupaten Sragen hadiri deklarasi Damai Pilkades 2022 di Balai Desa Gilirejo Baru, Kecamatan Miri dan Balai Desa Kalangan, Kecamatan Gemolong, Senin (3/10/2022).

Kapolres Sragen  AKBP Piter Yanottama menyampaikan Pilkades Serma tahun 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2022 dari pihak keamanan akan mengawal dan mengawasi pelaksanaan pilkades sampai dari tahapan sampai pencobolsan selesai, ujar Kapolres.

Komitmen Pilkades damai ini ditandai dengan deklarasi damai oleh Calon Kepala Desa yang disaksikan oleh Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama, SH, SIK, MH bersama Forkopimda Kabupaten Sragen.

Dalam sambutannya Kapolres menambahkan “Hari ini melaksanakan deklarasi damai tahun 2022, kami mengharap calon kepala desa dan pendukungnya dapat menjaga kondusifitas wilayah. Saya yakin dan percaya bahwa semua pendukung sudah lebih dewasa, serta calon kepala desa harus legowo siap menerima kekalahan mudah terprovokasi oleh pihak mana jangan pun”, tambahnya.

deklarasi Damai Pilkades Serentak Gelombang I Tahun 2022 diikuti 48 calon kepala desa dari 19 Desa dan 15 Kecamatan se Kabupaten Sragen pada gelaran Pemilihan Kepala Desa Serentak gelombang pertama tahun ini.

Kapolres mengucapkan “terimakasih dan semoga ikrar yang telah kita terima bersama tadi tidak hanya seremonial saja tetapi kita masukan ke sanubari sebagai pedoman dalam pelaksanaan Pilkades nanti”.,tandasnya.

Kegiatan tersebut merupakan langkah cipta kondisi dari Kapolres Sragen bersama Forkompinda Kab. Sragen untuk mewujudkan Pilkades serentak tahun 2022 yang aman dan damai tanpa uang Politik di wilayah Kabupaten. Sragen sehingga dapat meminimalkan potensi konflik yang mungkin terjadi.

Supratikno saat melihat deklarasi damai
Supratikno saat melihat deklarasi damai

Sementara itu, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati atau yang akrab dipanggil Mbak Yuni mengatakan dalam tahapan ini, Yuni meminta seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga bersama Kabupaten Sragen tetap guyub rukun.

“Selesainya semua proses tahapan Pilkades yang aman, damai, sejuk, dan sukses, baik di Sragen maupun secara keseluruhan atau sekala nasional menjadi target bersama,” lanjutnya.

menyatakan, kegiatan deklarasi adalah momentum baik untuk meningkatkan koordinasi, kolaborasi, dan sinergi semua unsur yang terlibat untuk suksesnya pelaksanaann pilkades 2022.

Yuni menjelaskan, keamanan dan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemda atau pihak aparat keamanan.

Namun juga menjadi tanggung jawab seluruh komponen serta lapisan masyarakat Gilirejo Baru.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berperan aktif mendorong partisipasi masyarakat Bumi Sukowati untuk mengalirkan hak pilihnya pada saat pencoblosan pilkades 25 oktober 2022 mendatang,” ujar Yuni.

Yuni berpesan untuk selalu menjaga kekompakan dan guyub rukun, menjaga kondusivitas dan keamanan Kabupaten Sragen pasca pencoblosan.

“Sekali lagi ditegaskan, target kami adalah seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkades 2022 berjalan sukses, aman, lancar, damai, dan sejuk di Indonesia khususnya di Bumi Sukowati yang dicintai ini,” pungkasnya.

( Humas / Vio Sari )

085257515757