Simak! Hobi Ini Mendukung Kamu Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi

25 May 2022 admin

JAKARTA — Kebanyakan  orang yang melakukan hobi untuk mengurangi tingkat stres, meningkatkan kesabaran, kemauan, dan konsentrasi. Namun, saat ini manfaat hobi juga bisa membuatmu lebih mandiri bahkan meraih prestasi. 

Kondisi itu, sangat mungkin terjadi saat kamu menikmati apa yang kamu kerjakan baik di kantor, rumah, atau dimanapun, layaknya melakukan sebuah hobi. Menariknya, semakin berkembangnya zaman, hobi tersebut dapat membawa kamu untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan hobi yang kamu lakukan. 

Berikut ini beberapa hobi yang mungkin cocok buat kamu memilih kuliah Ilmu Komunikasi:

1. Menulis

Jika kamu suka dengan dunia menulis dan mengarang kata-kata, tentu menulis bukan menjadi hal yang membosankan. Menulis tidak hanya pada media kertas. Di era teknologi saat ini, kita bisa menulis di media lainnya seperti media sosial, blog, berita online dan lainnya. Sudah barang tentu, semuanya memberikan manfaat yang sama.

Mungkin paling sering kamu membuat tulisan ekspresif pada media sosial yang berisi curhatan dari isi hati atau tentang unek-unek suatu hal. Dengan membuat tulisan ekspresif seperti ini, kamu akan merasakan kepuasan tersendiri dan merasa lebih lega. 

Inilah salah satu manfaat dari menulis. Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dengan menulis jika kamu mengambil jurusan ini, sebagai pilihan masuk jurusan di perguruan tinggi. Misalnya menjadi penulis konten, penulis naskah, penulis berita, copywriter, dll.

2. Berbicara

Jika kamu suka berbicara dan pintar mengolah kata-kata, tentu hal ini dapat  mendukung kamu untuk memilih jurusan Ilmu komunikasi. Tanpa disadari, hobi banyak bicaramu, dapat  menjadi hal yang positif dan mendukung kamu memilih jurusan Ilmu komunikasi. Dengan memilih jurusan Ilmu Komunikasi banyak profesi dan pekerjaan yang dapat kamu lakukan, seperti menjadi seorang public relation, marketing communication, wartawan, pembawa acara, atau penyiar radio

3. Fotografi

Kegiatan Fotografi adalah sebuah hobi yang banyak digandrungi dari kalangan remaja maupun orang tua. Berfoto, sekarang ini bukan lagi hal yang asing di kalangan masyarakat, banyaknya angle atau objek yang menarik, membuat orang menyukai dunia fotografi. 

Bagi kamu yang sedang ingin mempelajari dan mendalami dunia fotografi, untuk menjadi fotografer profesional, tentunya perlu tahu ilmu dasar fotografi seperti jenis-jenis fotografi apa yang ingin benar-benar kamu tekuni.

Tanpa disadari, hobi memotret sangat cocok masuk jurusan Ilmu komunikasi. Nantinya, kamu bisa bekerja sebagai fotografer jurnalistik, fotografer model, fotografer iklan, atau kamu mau buka studio foto sendiri dan membuat pameran dari hasil jepretanmu? Sangat bisa sekali.

4. Membuat film

Suka  menonton film memang efektif sebagai hiburan ataupun menghilangkan stres dan jenuh. Jika kamu punya hobi menonton, kamupun juga bisa membuat film sendiri dalam bentuk film pendek. Hobi menonton film dapat mendukung kamu untuk memilih jurusan Ilmu Komunikasi. 

Di jurusan tersebut, kamu akan mempelajari bahwa film merupakan sebuah media untuk berkomunikasi kepada penonton. Lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadikan kamu sebagai sutradara, editor video, menulis naskah scenario. Pekerjaan-pekerjaan tersebut cocok buat kamu yang senang membuat film. 

5. Bermain media sosial

Bagi banyak masyarakat modern, media sosial telah menjadi kebutuhan. Melalui media sosial, seseorang dapat mengetahui berbagai ilmu dan perkembangan informasi yang sedang terjadi. Berbagai  bentuk media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Apalagi kalau kamu kuliah di jurusan Ilmu komunikasi, hobi bermedsosmu dapat mendukung kamu untuk memilih kuliah jurusan ilmu komunikasi. 

Dengan mengenyam pendidikan di jurusan Ilmu komunikasi, kamu bisa belajar bagaimana memaksimalkan sebuah media sosial untuk kepentingan promosi. Posisi seperti copywriter atau social media officer, bisa menjadi pekerjaan yang tepat buat kamu, karena kedua hal tersebut memiliki peran yang penting dan dibutuhkan di media sosial. 

Tadi itu,  beberapa ulasan terkait dengan hobi yang membawa kamu memilih jurusan Ilmu Komunikasi. Jika kamu ingin lebih memahami lagi jurusan Ilmu Komunikasi, kamu dapat memilih kuliah di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Di Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI, juga memiliki berbagai pilihan jurusan. Ada S1 Sastra Inggris, S1 Ilmu Komunikasi, D3 Bahasa Inggris, D3 Hubungan Masyarakat, D3 Penyiaran, dan D3 Periklanan.

 

sumber: https://www.republika.co.id/berita/rbpsre423/simak-hobi-ini-mendukung-kamu-memilih-jurusan-ilmu-komunikasi

Posted in
085257515757