Bupati Ponorogo Hadiri Sub-Pekan Imunisasi Nasional Polio di Desa Brahu

16 January 2024 admin

Ponorogo – Sub-Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Serentak polio mulai dilaksanakan di Kabupaten Ponorogo. Menyasar 80.206 anak usia 0 sampai 8 tahun kurang 1 hari, pemberian vaksin tetes Polio ini dilakukan dalam 2 gelombang. Gelombang pertama pada 15-21 Januari 2024 dan gelombang kedua akan dilaksanakan 19-25 Februari 2024 mendatang.

Hari Selasa 16 Januari , 2024. Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko,SE. bersama Ibu Susilowati Sugiri Sancoko Selaku ketua TT PKK Kabupaten Ponorogo mengunjungi Pekan Imunisasi Nasional di Desa Brahu Siman Ponorogo dalam acara dihadiri,Kepala Dinas Pendidikan ,Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Sosial yang akrab di sapa Supriyono serta ibu ibu,hadir Prapto Kepala Desa Selur Kecamatan Ngrayun dan balita kurang lebih 100 orang,Selasa 16/1/2024).

“Hari ini adalah pemberian vaksin dalam rangka Pekan Imunisasi Nasional untuk polio. Diwajibkan kepada bayi maupun anak-anak usia 0-8 tahun kurang 1 hari untuk diimunisasi polio,”ujar Kang Bupati Sugiri.

Vaksinasi polio serentak, ucapnya, bertujuan mencegah kejadian luar biasa (KLB) polio setelah ditemukannya 3 kasus lumpuh akibat virus polio di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sementara itu, Dyah Ayu Puspitaningarti Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo mengatakan bahwa vaksin polio dapat diperoleh di berbagai pos imunisasi terdekat. Muai dari Puskesmas, Pustu, Polindes, Ponkesdes dan Posyandu.

Tak hanya itu, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kemenag Ponorogo, pemberian vaksin juga dilaksanakan di sekolah PAUD, TK dan SD sederajat.

“Vaksinnya sudah siap. Selain Posyandu kami bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kemenag untuk melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional di sekolah-sekolah. Pastinya sesuai umur, antara 0-8 kurang 1 hari berarti ada yang diantara kelas 1 dan 2,” jelasnya,(Dn).

Follow Istana Negara di Google News 

 

085257515757