Gus Miftah ABG Akan Isi Ceramah Tahun Baru Islam di Base Camp PT. ASTRA AGRO LESTARI 

21 July 2023 admin

Kalteng – Dalam memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445H/ 2023, Base Camp PT. ASTRA AGRO LESTARI bersama dengan Staf Karyawan melaksanakan siraman rohani ceramah agama dengan mengundang ustad kondang KH. Gus Miftah (ABG), yang akan dilaksanakan pada hari minggu tanggal 23 Juli 2023 di Pandu Sanjaya, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah,(Jumat 21 Juli 2023).

Profil Perusahaan

PT Astra Agro Lestari Tbk atau Astra Agro (“Perseroan”) berdiri pada tahun 1988 yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit serta menjalankan berbagai kegiatan usaha lainnya. Perseroan telah menjadi perusahaan publik dengan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 1997. Perseroan merupakan anak perusahaan dari PT Astra International Tbk (“Astra”), salah satu grup usaha terbesar dan terkemuka di Indonesia. Hingga saat ini Astra memiliki 79,68% saham Perseroan dengan 20,32% saham dimiliki oleh Publik.

Untuk menjaga keberlangsungan usaha, Perseroan konsisten melakukan peremajaan tanaman untuk mempermudah usia rata-rata tanaman. Saat ini tercatat 287.044 hektar yang tersebar di Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Dari luasan tersebut, 214.815 hektar adalah perkebunan inti sedangkan 72.229 hektar adalah perkebunan plasma.

Perseroan juga mengembangkan bidang usaha ke industri hilir sawit dengan mendirikan pabrik pengolahan minyak sawit melalui anak perusahaan PT Tanjung Sarana Lestari (TSL) pada tahun 2014 yang berlokasi di Provinsi Sulawesi Barat. Perseroan juga mendirikan pengolahan minyak inti sawit (PKO) melalui anak perusahaan PT Tanjung Bina Lestari pada tahun 2017 yang berlokasi di Sulawesi Barat. Selain itu, Perseroan memiliki kantor pemasaran di Singapura dengan nama Astra-KLK Pte. Ltd yang merupakan ventura bersama antara Perseroan dengan Kuala Lumpur Kepong Plantation Holdings Sdn, Bhd.

Astra Agro terus melakukan inovasi dengan membangun pabrik pencampuran pupuk NPK. Pengoperasian pabrik pencampuran pupuk NPK Perseroan dijalankan melalui anak perusahaan PT Cipta Agro Nusantara pada tahun 2016 yang berlokasi di Sulawesi Tengah dan anak perusahaan PT Bhadra Cemerlang pada tahun 2017 yang berlokasi di Kalimantan Tengah.

Selain itu, Perseroan juga mengembangkan produk minyak sawit olahan dalam bentuk olein, stearin, dan PFAD ini untuk memenuhi permintaan pasar ekspor antara lain dari Tiongkok dan Filipina. Mulai tahun 2016, Perseroan juga telah mengoperasikan blending plant atau pabrik pencampuran pupuk di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

Mewujudkan misi Perseroan untuk menjadi perusahaan yang berkontribusi bagi pembangunan dan kesejahteraan bangsa, maka Perseroan menetapkan aspek keberlanjutan sebagai strategi Perseroan yang termuat dalam Astra Agro Sustainability Aspirations yang terangkum dalam Triple-P Roadmap Strategy yakni Portfolio, People, dan Public Contribution. Sejalan dengan komitmen Public Contribution Roadmap, Perseroan menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR) yang terdiri dari 4 pilar, yaitu kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan.

Menjadi perusahaan yang selalu berdampingan dengan alam, Perseroan berupaya mewujudkan perusahaan yang berkelanjutan dengan memenuhi standar pengembangan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan dan kriteria lainnya tentang kegiatan ramah lingkungan. Astra Agro menjadi salah satu perusahaan pertama dalam mendapatkan sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) pada tahun 2012 dan terus bertambah sebagai bentuk upaya pemenuhan praktik-praktik pengelolaan perkebunan terbaik bagi lingkungan sekitar.

Menghadapi tantangan di masa mendatang, Perseroan akan terus menerapkan serta mengembangkan strategi usaha dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi serta diversifikasi lini bisnis prospektif yang berhubungan dengan bisnis utama kelapa sawit.

085257515757