HKS Landung Budianto yang Lebih Dikenal Kojak Calon Kades Girimargo Nomer Urut 1 

9 August 2023 admin

SragenHKS Landung Budianto atau yang akrab di panggil MC Kojak inilah sosok calon Kepala Desa Girimargo Kecamatan Miri Kabupaten Sragen dengan nomor urut 1 yang disukai warga masyarakat.

Calon Kades Girimargo nomor 1 yang murah senyum ini terus dibanjiri dukungan dari berbagai elemen masyarakat, baik tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh petani dan kalangan bawah lainnya.

Ketika dihubungi melalui aplikasi WhatsApp oleh tim Istana Negara, Calon Kades Girimargo Nomor 1, HKS Landung Budianto, mengatakan, kedudukan sebagai Kepala Desa memang sangat strategis sekaligus sebagai tokoh sentral di daerah, karena itu sikap tingkah laku dan perbuatan Kepala Desa dinilai oleh masyarakat.

Dia juga mengungkap tujuannya maju di Pilkades Desa Girimargo.

“Intinya saya ingin berbakti kepada tanah kelahiran saya dan ingin membangun Desa yang lebih baik dan transparansi. Membangun Desa saat ini lebih mudah dibandingkan dengan sebelum lahirnya UU Desa Nomor 6 Tahun 2014, karena di dalam UU Desa tersebut mengatur tentang hak dan asal usul kewenangan desa, artinya desa punya kewenangan penuh untuk mengatur rumah tangganya sendiri yang diikuti dengan berbagai bantuan anggaran, diantaranya Dana Desa,” ujar Kojak kepada Istana Negara (Rabu 9 Agustus 2023).

Lebih lanjut dia mengatakan, “membangun desa tak hanya di bidang infrastruktur tapi meliputi semua aspek seperti pembangunan SDM, sosial budaya, agama, juga kemandirian dan kesejahteraan ekonomi warga,” katanya.

“Karena itu, jika ada calon yang mengklaim kesuksesan membangun desa dengan banyaknya infrastuktur yang dibangun di Desa, saya rasa tidaklah tepat, karena anggaran untuk pembangunan infrastuktur sudah ada dari pemerintah dan Kepala Desa tinggal merealisasikan saja bantuan tersebut,” kata Kojak.

Lebih lanjut HKS Landung Budianto menjelaskan,penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Sragen bakal diselenggarakan pada Oktober 2023.

10 Kepala Desa (Kades) akan dipilih pada Oktober itu.

Sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), pelaksanaan Pilkades di daerah harus dilakukan sebelum November 2023 agar tidak berbarengan dengan Pemilu.

10 desa yang akan mengikuti Pilkades adalah Desa Jambeyan Kecamatan Sambirejo, Desa Ngrombo Kecamatan Plupuh, Desa Puro Kecamatan Karangmalang.

Desa Jetak Kecamatan Sidoarjo, Desa Kedungupit Kecamatan Sragen, Desa Sunggingan Kecamatan Miri, Desa Girimargo Kecamatan Miri, Desa Doyong Kecamatan Miri, Desa Ngandul Kecamatan Sumberlawang, dan Desa Banyurip Kecamatan Jenar.

Semoga niat baik saya untuk membangun Desa Girimargo dan mensejahterakan masyarakat bisa diterima dan didukung warga, sehingga pada pilkades yang akan digelar pada Oktober 2023 nanti semoga saya memperoleh kemenangan,” tegasnya.

Sementara itu warga setempat menegaskan, “Intinya masyarakat mengidam-idamkan melalui Pilkades ini. Oleh karena itu saat ada sosok HKS Landung Budianto atau yang akrab dipanggil MC Kojak yang bersedia mencalonkan diri, kami tanpa pikir panjang sangat mendukung,”katanya.

Sebagian besar warga, kata Sarjono, telah mengenal sosok Kojak sebagai orang baik yang dekat dengan masyarakat.

“Masyarakat bahkan rela bergotong-royong, menyampaikan kepada beliau untuk tidak usah pusing memikirkan biaya dalam pencalonan beliau. Segala keperluan dari pencalonan sampai pemilihan akan kita tanggung bersama,” ujar Sarjono.

085257515757