Polres Sragen Intensifkan Pengecekan SPBU demi Keamanan Arus Mudik Lebaran Aman tanpa Kecurangan

29 March 2024 admin

Polres Sragen, Jawa Tengah, telah meningkatkan pengecekan dan imbauan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di daerah tersebut sebagai langkah pencegahan terhadap praktik kecurangan menjelang arus mudik dan Lebaran 1445 Hijriah.

Kanit Tipidter IPTI Mu’alim, S.H. bersama anggota melaksanakan pengecekan dan pemantauan di beberapa SPBU di wilayah hukum Polres Sragen, termasuk di SPBU Pertamina Sragen 41.572.01 Rest Area 519A dan SPBU Pertamina Sragen 41.572.02 Rest Area 519B pada Jumat, 29 Maret 2024.

Mu’alim menjelaskan bahwa tindakan ini dilakukan secara rutin setiap tahun untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan masyarakat serta memastikan pelayanan yang baik tanpa adanya praktik kecurangan dalam pelayanan dan ketersediaan pasokan BBM.

Tujuan dari pengecekan ini adalah untuk mencegah kecurangan seperti pengurangan jumlah literan atau pencampuran BBM dengan air. Mu’alim juga mengimbau agar SPBU memberikan pelayanan yang baik menjelang arus mudik Lebaran.

Patroli dialogis juga dilakukan oleh jajaran polsek ke SPBU di wilayah Sragen dan sekitarnya untuk berkomunikasi dengan petugas SPBU serta memeriksa segel mesin pompa guna mencegah gangguan kamtibmas yang disebabkan oleh oknum petugas SPBU.

Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam.M.SH.,SIK.,MSI menyatakan bahwa kegiatan patroli dialogis dan kunjungan ke SPBU adalah bagian dari kegiatan rutin Polres Sragen menjelang arus mudik dan libur Lebaran untuk mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat.

Dari hasil pengecekan, tidak ditemukan adanya kecurangan di SPBU tersebut. Kapolres juga mengajak seluruh masyarakat untuk melaporkan kecurangan dalam pelayanan SPBU kepada pihak berwenang.(Arw)

085257515757