Tiga Calon Perangkat Desa Dinyatakan Lolos Oleh Panitia Namun Kades Bulusari Menolak

24 January 2024 admin

PASURUAN – Pemilihan perangkat desa di Desa Bulusari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan pada akhir tahun 2023 lalu menyusahkan persoalan. Penyebabnya, sampai sekarang para perangkat desa terpilih belum mendapat kepastian mengenai jadwal pelantikannya.

Informasi yang diterima, Kepala Desa (Kades) Bulusari menolak hasil seleksi perangkat desa yang sudah dilakukan oleh panitia seleksi perangkat desa. Belum diketahui pasti apa penyebab penolakan itu.

Yang jelas, perangkat ketiga desa yang sudah dinyatakan lolos karena mendapatkan nilai tertinggi kecewa dengan sikap kades. Apalagi kades tidak segera menandatangani berita acara hasil seleksi yang diserahkan panitia.(23/1/2023).

Foto ; istimewa Tiga perangkat desa bersama kuasa hukumnya menunjukkan surat somasi kepada Kades Bulusari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Senin (15/1/2024).
Foto ; istimewa Tiga perangkat desa bersama kuasa hukumnya menunjukkan surat somasi kepada Kades Bulusari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Senin (15/1/2024).

Tiga calon perangkat Desa Bulusari Kecamatan Gempol,Kabupaten Pasuruan dinyatakan lolos oleh panitia seleksi dengan nilai tertinggi tapi tidak juga dilantik oleh Kades Bulusari.

Ketiga colan melakukan aksi demo di balai desa meminta haknya sebagai pemenang dengan nilai tertinggi berikut nama nama yang lolos ,Pidin Berlino Missikin,Sukron Cahyo,Joko Fepriono yang sampai saat ini belum dilantik. didampingi kuasa hukumnya Sueb Efendi, S.H, Eman, SH Rudiprasetio, SH dan Ubaidillah, SH empat Kuasa hukum ke tiga calon kasun sudah melakukan mediasi dengan Camat dan kades Bulusari serta BPD.

Hasil mediasi kades meminta waktu tiga hari untuk musyawarah dengan pihak terkait,akan tetapi ditunggu sampe dua minggu masih belum ada jawaban kalau memang ditolak, mana surat penolakan nya,kalau memang mau dilantik kapan ketiga calon tersebut dilantik.

Tiba tiba ada surat undangan yang dikirim oleh panitia seleksi kepada tiga colon yang sudah di nyatakan menang untuk di adakan seleksi ulang tanggal 20 Januari 2024. ketiga calon tidak terima akhirnya melakukan aksi protes ke balai desa menanyakan kepastian hukumnya ke kades.

Setelan di adakan pertemuan yang di saksikan oleh camat gempol pihak polres pasuruan polsek gempol koramil gempol BPD dan panitia seleksi PH dari ke tiga calon Sueb Efendi,SH dan rekan untuk mencari solusi yang terbaik dangan kades akan tetapi hasil pertemuan belum ada titik temu.

Bahkan kades di minta hasil tes dan surat penolakannya yang sudah di bacakan tidak diberikan yang jadi pertanyaan kenapa kades masih keras kepala tidak memberikan dan tetap menolak ada apa? sedangkan penjaringan tahun 2023 menggunakan anggaran negara kok tidak dimanfaatkan dengan baik mau mengadakan seleksi lagi di tahun 2024 anggaran yang digunakan tahun 2023 apakah sudah di laporkan pertanggung jawabannya.

empat pengacara ketiga calon akan mengambil langkah hukum atau upaya hukum demi demi memenuhi rasa keadilan warga desa bulusari.(ASP)

 

085257515757